alvian-cs blog

Cara Menjalankan VBA Excel Menggunakan Button

Cara Menjalankan VBA Excel Menggunakan Button

Menjalankan perintah skrip dari VBA (Visual Basic for Applications) sangatlah mudah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeksekusinya, salah satunya ialah dengan menggunakan tombol Command Button. Command Button merupakan salah satu Control Box (Active X) yang memungkinkan untuk menjalankan sebuah perintah dari baris kode yang ada pada VBA Editor.


Dengan Command Button ini kita dapat mengeksekusi code - code yang sudah kita tulis di VBA Editor yaitu dengan cara mengeklik tombolnya.

1. Buat Tombol. Pertama adalah membuat Command Button, klik menu Developer kemudian pada tab Controls pilih Insert > ActiveX Controls > Command Button. Setelah itu tinggal di klik saja pada area yang akan diletakan untuk tombolnya.

Sebelum itu, apabila pembaca belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan menu Developer yang ada pada Ms. Excel, silakan baca postingan ini terlebih dahulu Cara Mengaktifkan Menu Developer


2.  Pengisian Code. Klik kanan pada tombol yang sudah dibuat kemudian klik View Code, maka code editornya akan muncul, setelah itu kita tinggal menaruh kode scriptnya disini di bawah Private Sub dan diatas End Sub.

Contoh kode:

Range("A1").Value = "Hello, World!"

Masukkan kode tersebut kedalam code editornya sebagai contoh.

3. Pemberian Nama. Kembali lagi ke Worksheet Ms. Excel. Klik kanan pada Command Button, kemudian klik properties. Window Properties akan muncul, ganti pada bagian Caption sesuai dengan selera kita, maka caption/nama yang tertera pada tombol akan berubah sesuai dengan yang diisikan pada Command Button.


4. Eksekusi. Untuk menjalankan kode yang telah dituliskan pada code editor tadi, kita harus menekan icon Design Mode yang ada pada tab controls agar tidak aktif, kemudian tinggal klik saja tombolnya, maka perintah akan segera dieksekusi.

Itulah tadi cara menggunakan tombol sebagai eksekutor untuk menjalankan perintah - perintah kode yang ada pada VBA Editor.




0 komentar:

Post a Comment

Cara Menjalankan VBA Excel Menggunakan Button Cara Menjalankan VBA Excel Menggunakan Button