alvian-cs blog

Solusi Mengatasi Firefox Tidak Dapat Memutar Flash

Solusi Mengatasi Firefox Tidak Dapat Memutar Flash

firefox makan flash, firefox vs flash, firefox tidak dapat memutar flash

Anda tidak dapat memutar flash game? Tidak dapat membuka file SWF (Shockwave Flash) di Firefox? Tidak dapat memutar video yang berbasis Flash? Jangan khawatir, bukan anda saja yang tidak bisa, tapi hampir seluruh pengguna Mozilla Firefox mengalaminya.

Apa Penyebabnya?

Sebelum mengetahui solusinya, saya ajak anda untuk melangkah kebelakang terlebih dahulu. Belakangan ini, Mozilla memperbarui versi terbaru Firefox Browser yaitu versi ke 39.0. Dikabarkan secara resmi bahwa pada versi tersebut, Mozilla melakukan pemblokiran terhadap plugin yang dikeluarkan oleh pihak Adobe, yakni Flash Player.

Pemblokiran tersebut ternyata bukan pertama kalinya, sebelumnya Mozilla pernah mencopot Flash Player karena diduga rawan mendapatkan serangan keamanan yang dapat mengancam kepentingan Mozilla. Untuk detail tentang pemblokiran, anda dapat mencari informasinya di Google.

Solusi mengatasi Flash yang tidak dapat diputar

Anda dapat mencoba beberapa tips alternatif dari saya, silakan anda pilih salah satu dibawah ini:

Cara 1: Downgrade Firefox

Penyebab utama Firefox tidak dapat memutar file SWF adalah karena versi terbaru telah memblokir Flash Player. Anda dapat mendowngrade (balik ke versi sebelumnya) dengan cara menguninstalnya terlebih dahulu.
  • Masuk ke Control Panel, pilih Programs and Features untuk mulai mencopot aplikasi.
  • Pilih Mozilla Firefox, klik dua kali.
  • Uninstal dengan mengikuti alur instruksinya.
  • Jika sudah selesai, download Mozilla Firefox lagi, tapi dengan versi yang berbeda (pilih yang lebih jadul, misal Mozilla Firefox versi 38 atau 37, yang penting jangan 39, punya saya malah versi 20 dan lancar jaya).

Cara 2: Ganti Browser

Anda juga dapat memakai alternatif ini, yaitu dengan ganti browser. Saat ini, baru Firefox yang memblokir Flash Player, jadi anda dapat menggunakan browser lain, seperti Google Chrome, Maxthon Browser, atau Internet Explorer.

Kesimpulan

Untuk mengatasi Mozilla Firefox yang tidak bisa memainkan Flash, anda dapat melakukan diantaranya mendowngrade Firefox, atau ganti browser. Keduanya sudah saya praktikan ketika ingin bermain game flash dan berhasil dengan kedua cara tersebut.




0 komentar:

Post a Comment

Solusi Mengatasi Firefox Tidak Dapat Memutar Flash Solusi Mengatasi Firefox Tidak Dapat Memutar Flash