alvian-cs blog

CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN DREAMWEAVER

CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN DREAMWEAVER


Dreamweaver adalah salah satu aplikasi pembuat web yang sedang popular di kalangan para webmaster. Aplikasi keluaran pembuat software Adobe ini yang sebelumnya bernama sudah mencapai Adobe Dreamweaver CS 6. Aplikasi ini mempunyai menu dan tools yang user friendly dan bersifal apa yang kita ketikkan kodenya maka itulah yang kita dapatkan (What You See Is What You Get), sehingga akan mudah dipelajari oleh pemula dan akan lebih mempercepat pekerjaan dalam membuat template maupun script biasa.
            Berikut akan saya berikan tutorial cara menggunakan dreamweaver, bagi pemula. Saya akan mengoceh secara detail, jadi tolong di simak ya.

  1.  Buka Program Adobe Dreamweaver-nya maka akan tampil file web tipe apa yang ingin Anda buat di bagian Create New (saya menggunakan Adobe Dreamweaver CS5-red).


  2.  Terdapat banyak tipe file contohnya ada HTML, ColdFusion, PHP, ASP, JSP, CSS dan lain - lain. Tapi pada umumnya yang paling populer dan yang paling banyak digunakan oleh para Webmaster adalah bahasa pemrograman PHP dan HTML untuk saat ini karena dianggap mudah jika dibandingkan dengan ASP dan JSP. Pada umumnya file bahasa HTML dapat digunakan juga di dalam semua bahasa pemrograman lainnya contohnya kita memilih menggunakan file bertipe PHP, maka di dalam file tersebut kita juga dapat menuliskan skrip untuk HTML begitu juga dengan PHP. Secara garis besar HTML merupakan bahasa pokok dan dasar yang dimiliki dan ada di dalam semua bahasa pemrograman.
  3.  Silakan pilih tipe file sekaligus bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Saya memilih HTML. kemudian akan muncul tampilan lembar kosongan seperti ini:


    Ingatlah bahwa di dalam lembar kerja dreamweaver terdapat 3 tampilan yaitu Code, Split, dan Design. Perbedaannya adalah bila Code maka kita menciptakan Web HTML dengan cara mengetikkan menggunakan kode secara manual dan less-visually. Split kita menciptakan Web dengan cara bisa mengetikkan kode maupun mendesain langsung. Sedangkan Design kita cenderung lebih ke posisi desain tampilan dan less-coding dan ini memang di sarankan untuk bahasa pemrograman HTML yang lebih memposisikan kepada tampilan web-nya karena pada dasarnya bahasa HTML juga berfungsi untuk membangun tampilan web.
  4. Nah kita akan lebih mudah bila bekerja membuat web pada lembar kerja Design. Mulailah menyisipkan seperti gambar, objek, video, dll. Bila kita ingin merubah background webnya, silakan tekan CTRL + J, disitu semua pengaturan web sudah tertera dan tinggal di konfigurasi saja sesuai keinginan kalian. Bila ingin menyimpan file dan ingin mencobanya di Browser, klik file kemudian save dan buka file tersebut menggunakan Mozilla Firefox.
Ini adalah Tutorial untuk pemula, bagi yang sudah mahir menggunakan Dreamweaver dan ingin mengimprove, silakan berbagi juga link maupun tutorial di kolom komentar agar pembaca bisa membaca dan belajar lebih tentang Dreamweaver maupun Pembuatan Web lainnya.




1 Comments

1 comment:

CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN DREAMWEAVER CARA MEMBUAT WEBSITE DENGAN DREAMWEAVER