alvian-cs blog

Mengenal Property End Pada Pemrograman VBA Excel

Mengenal Property End Pada Pemrograman VBA Excel


Sebelum itu, apabila pembaca belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan menu Developer yang ada pada Ms. Excel, silakan baca postingan ini terlebih dahulu Cara Mengaktifkan Menu Developer.

Di dalam bahasa pemrograman VBA (Visual Basic for Application) EXCEL terdapat banyak sekali kode sintaks dan rumus - rumus yang sangat berguna untuk dimanfaatkan oleh developer. Salah satu dari sintaks tersebut adalah property end. Property tersebut adalah sintaks pengikut, yang mana dia mengikuti sintaks sebelumnya, contoh:

Selection.End()

Property End diatas melengkapi fungsi Selection. Property tersebut berfungsi untuk menavigasikan kursor ke akhir suatu cell pada Worksheet (lembar kerja) Microsoft Excel. Property ini sangat penting digunakan untuk membuat program/aplikasi yang membutuhkan penginputan data dan berkonsep auto-increment.

Ada beberapa argumen - argumen yang dapat digunakan dalam penggunaan property ini. Simak berikut:

1. xlUp

Argumen ini berfungsi untuk menavigasikan kursor ke paling atas, yaitu pada baris pertama atau apabila terdapat suatu cell yang memiliki konten, maka kursor akan menuju cell tersebut. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

Selection.End(xlUp).Select

Sintaks diatas akan mengarahkan kursor dari posisi cell aktif menuju cell diatasnya hingga dia menemukan cell yang memiliki konten. Apabila konten tidak ditemukan, maka dia akan menuju ke baris paling atas.

2. XlDown

Argumen yang satu ini adalah kebalikan dari argumen xlUp, kursor akan mencari konten dibawahnya. Contoh penggunaannya:

Selection.End(xlDown).Select

Sintaks diatas akan mengarahkan kursor ke cell yang paling bawah hingga dia menemukan cell yang berisi konten.

3. XlLeft

Yang ini sama juga, tapi penggeserannya adalah ke-kiri, kursor akan terarahkan ke sebelah kiri hingga menemukan cell yang memiliki konten. Contoh penggunaannya:

Selection.End(xlLeft).Select

4. XlRight

Kemudian yang terakhir adalah XlRight. Merupakan kebalikan dari XlLeft. Penggunaannya:

Selection.End(xlRight).Select

Itulah tadi kegunaan dari property end. Perlu dicatat bahwa contoh diatas bisa kita edit pada bagian Range-nya maupun pada bagian anak property-nya.



0 komentar:

Post a Comment

Mengenal Property End Pada Pemrograman VBA Excel Mengenal Property End Pada Pemrograman VBA Excel