alvian-cs blog

Cara Menggunakan Macro Recorder Excel 2010

Cara Menggunakan Macro Recorder Excel 2010

Karena traffic view tentang VBA Macro Excel semakin tinggi, maka saya memutuskan untuk kembali berbagi lagi tutorial tentang VBA Excel. Saya menggunakan Microsoft Excel 2010, dan kali ini saya akan berbagi tentang cara menggunakan dan mengedit Macro Recorder.

Sebelum itu, apabila pembaca belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan menu Developer yang ada pada Ms. Excel, silakan baca postingan ini terlebih dahulu Cara Mengaktifkan Menu Developer.

Pada awalnya ketika masih belajar VBA, saya masih mengguakan Macro Recorder yang kemudian di sunting lewat Code Editor VBA. Macro Recorder berfungsi untuk merekam segala kejadian/aktivitas yang kita perbuat di lembar kerja Excel. Mungkin beberapa berasumsi bahwa penggunaan Macro Recorder yaitu untuk mengeksekusi kejadian yang pernah direkam agar tidak terjadi ketidakefisiensi waktu, padahal fungsi Macro Recorder tidak sebatas itu saja.

Macro Recorder juga dapat menjadi sarana kita untuk ber-coding langsung dengan VBA dan kita hanya perlu menyuntingnya saja. Dalam Tutorial ini, saya akan berbagi bagaimana cara menyunting Macro tsb menjadi sesuai yang kita inginkan.

Langkah pertama, buka dahulu Microsoft Excel. Jangan lupa untuk mengaktifkan menu Developers. Setelah itu, simaklah langkah - langkah berikut:

1. Pembuatan tabel. Buatlah sebuah tabel terlebih dahulu, terserah diisi apa, disini saya membuat tabel seperti berikut:


2. Starting. Arahkan dan aktifkan cell pada kolom A (terserah pada baris berapa). Kemudian tekan CTRL + Arah Bawah, maka cell akan berpindah ke cell yang paling bawah yaitu cell A1048576. Hal ini tidaklah terlalu penting, hanya saja kita akan memulai perekaman maka kita harus menentukan titik aktif cell dimana kita mulai merekam, karena segala aktifitas setelah kita mengeklik Macro Recorder maka semua aktifitas yang akan kita lakukan akan terekam menjadi prosedur, maka dari itu kita harus menentukkan titik tersebut terlebih dahulu.


3. Memulai Macro Recorder. Sekarang kita akan mulai merekam, navigasikan kursor dan klik icon Macro Recorder yang ada pada menu Developer.


Kemudian akan muncul sebuah dialog box untuk pemberian nama Macro, diisi terserah atau dibiarkan saja kemudian klik OK maka Macro akan selesai dibuat.


4. Perekaman. Pastikan cell masih aktif dan jangan dipindah - pindah terlebih dahulu. Kemudian, tekan CTRL + Arah Atas untuk mengalokasikan cell ke paling atas. Maka cell akan berhenti dan aktif pada cell A1, hal ini dikarenakan ketika menekan tombol tersebut kursor akan menuju ke cell atasnya yang memiliki konten, karena ada konten dengan tulisan Kode, maka cell akan berhenti di cell tersebut. Setelah itu, tekan Stop Recording pada menu Developer untuk mengakhiri perekaman.

Sekarang Macro sudah dibuat dengan nama Macro1, klik icon View Code pada menu Developer. Pada Window VBA Project, klik pada sub-folder Module1.


Disini, Macro yang kita rekam akan muncul dengan berbentuk barisan-barisan kode seperti gambar dibawah ini:


Sub Macro1() marupakan sebuah sintaks untuk memulai prosedur tersebut, dengan nama Macro1, kita dapat mengganti nama tersebut sesuai dengan keinginan kita. Baris yang diawal dengan tanda petik satu/apostrophe (') itu hanyalah komentar dan tidak memengaruhi pada eksekusi kode. Selection.End(xlUp).Select merupakan sintaks gabungan yang memberikan perintah seleksi cell untuk mengaktifkan yang terdekat cell diatasnya. End Sub berfungsi mengakhiri sebuah Sub/Prosedur makro tersebut.

Nah, sekarang tambahkan diatas kode End Sub dengan kode berikut:

ActiveCell.Offset(1,0).Select
ActiveCell.Value = "=ROW()-1"

Maksud dari argumen Offset(1,0) merepresentasikan angka pertama sebagai Row/Baris dan angka kedua sebagai Column/Kolom. Fungsi ini untuk memindahkan cell yang aktif dengan settingan baris bergeser sebanyak 1 cell dan kolom berpindah 0 cell alias tetap, maka cell A2 akan aktif.

Value berfungsi untuk memberikan nilai atau value "=ROW()-1" yang mana konten itu saya tulis berupa rumus Formula Excel untuk memberikan penomoran kedalam suatu cell dan cell yang dipilih adalah yang sedang aktif.

Tutorial Video:




0 komentar:

Post a Comment

Cara Menggunakan Macro Recorder Excel 2010 Cara Menggunakan Macro Recorder Excel 2010