alvian-cs blog

Source Code Aplikasi Updater Menggunakan Delphi

Source Code Aplikasi Updater Menggunakan Delphi


Updater adalah sebuah penyebutan dalam bahasa perkomputeran dimana dia berfungsi untuk melakukan pembaruan pada sebuah program/aplikasi. Updater berguna untuk memperbarui sebuah aplikasi yang tadinya jadul menjadi up to date, biasanya disuguhi dengan fitur - fitur baru dan terkini. Dengan sistem update ini, user dapat mendapatkan program dengan keluaran terbaru, yang tadinya sudah tidak layak pakai karena sudah tidak mumpuni lagi karena faktor tertentu, bisa di dapatkan melalui sistem update tersebut.


Oleh karena itu, updater sangatlah penting untuk kepentingan pembaruan aplikasi - aplikasi dalam perkembangan teknologi dewasa ini sehingga memudahkan para pengguna dalam menjalankan tugasnya.

Kali ini saya akan berbagi source code updater yang cukup simple dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 dan ini bersifat standalone, jadi belum terintegrasi dengan suatu sistem. Hal yang perlu disiapkan untuk membuat sistem ini adalah sebuah hosting untuk menyimpan data - data yang menyimpan tentang versi, readme, dan segala macam.

Buatlah sebuah file .txt dengan nama dan isi sebagai berikut kemudian unggah ke hostinger.

file readme.txt bisa diisi seperti ini:
Pada versi ini meliputi fitur - fitur sebagai berikut:
Multi user, kecil dan ringan, user friendly, dan banyak lagi fitur - fitur lainnya...

file version.txt bisa diisi seperti ini:
UpdateURL=2.0
NewVersionInfoURL=http://alvians.nazuka.net/readme.txt

perlu diperhatikan bahwa tulisan yang diwarnai merah adalah versi dari aplikasi yang tersedia di hostinger, dan tulisan yang diwarnai hijau merupakan nama domain hosting yang menyimpan data - data tersebut.

yang terakhir adalah jangan lupa untuk mengunggah aplikasi-nya dengan nama Application.exe (nama bisa diganti namun harus disamakan dengan yang ada pada source code).


Silakan unduh source code-nya dibawah ini:

Download (144KB)

Alur pada aplikasi updater ini adalah, ketika pengguna mengeklik tombol "Cek Pembaharuan", maka aplikasi akan melakukan Checksum sesuai versi yang ada sekarang dengan versi yang terdapat pada server. Kemudian apabila versi yang sekarang dengan versi yang terbaru berbeda, maka aplikasi akan melakukan updating. Setelah itu aplikasi tersebut akan diunduh kemudian otomatis dibuka setelah proses pengunduhan selesai.



0 komentar:

Post a Comment

Source Code Aplikasi Updater Menggunakan Delphi Source Code Aplikasi Updater Menggunakan Delphi