alvian-cs blog

Perbedaan INNER, LEFT, RIGHT JOIN Pada SQL

Perbedaan INNER, LEFT, RIGHT JOIN Pada SQL


JOIN merupakan sebuah fungsi dalam SQL yang berguna untuk menggabungkan lebih dari satu tabel dimana tabel - tabel tersebut memiliki keterkaitan dan relasi yang berhubungan. Primary Key merupakan sebuah kolom yang merepresentasikan sebuah kolom unik yang ada pada satu tabel agar suatu tabel mampu berelasi dengan tabel yang lain. Kegunaan penggabungan tabel sendiri adalah untuk menyatukan tabel - tabel yang berhubungan sehingga mereka mampu memberikan detil pada setiap field - field didalamnya.

Untuk yang belum paham penerapannya saya sarankan untuk membaca artikel Cara Menggabungkan Tabel Pada PHP MYSQL terlebih dahulu. Ada beberapa tipe JOIN, diantaranya adalah:

1. INNER JOIN
Inner Join berguna untuk menggabungkan tabel dan harus membutuhkan satu kolom unik yang ada pada primary key maupun foreign key. Apabila ada foreign key maupun primary key yang kosong, penggunaan fungsi ini hanya akan memunculkan data yang foreign key-nya memiliki record yang isi saja.

Sintaks:

SELECT * FROM tabel1 INNER JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK

Contoh data:


 2. LEFT JOIN

Left Join merupakan penggabungan tabel dimana data akan ditampilkan secara keseluruhan pada tabel pertama (kiri) namun record pada tabel kedua (kanan) yang kosong akan ditampilkan dengan isi NULL.

Sintaks:

SELECT * FROM tabel1 LEFT JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK

Contoh data:


 3. RIGHT JOIN
Right Join memiliki fungsi yang bertolak belakang dengan left join, dimana right join akan menampilkan data secara keseluruhan pada tabel kedua (kanan), namun NULL pada tabel pertama (kiri).


SELECT * FROM tabel1 RIGHT JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK

Contoh data:


Demikianlah penggunaan dan perbedaan Inner, Left, Right Join pada MySQL. Untuk cara mengeceknya bisa lewat PHPMYADMIN, pilih databasenya terlebih dahulu kemudian eksekusikan query lewat menu SQL.




5 Comments

5 comments:

  1. kak, bisa bantu pengerjaan masalah join gak?

    ReplyDelete
  2. saya kurang paham di materi yang ini mas
    kurang paham perbedaannya

    ReplyDelete
  3. makasih banget kk udh upload artikel yang sangat bermanfaat seperti ini, salam kenal saya septian aditia kurniawan jangan lupa mampir di website kampus kita yaaa kak https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  4. Terimakasih loh kak udah buat artikel yang sangat bermanfaat ini dan membantu teman - teman lainnya lebih memahami Perbedaan INNER, LEFT, RIGHT JOIN Pada SQL. Perkenalkan kak nama saya Monalisa Nim : 1822500038 dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Perbedaan INNER, LEFT, RIGHT JOIN Pada SQL Perbedaan INNER, LEFT, RIGHT JOIN Pada SQL