alvian-cs blog

Belajar Dan Mengenal Session Pada PHP

Belajar Dan Mengenal Session Pada PHP

Apa itu session? Yah, kata session sudah tidak asing lagi ditelinga para programmer. Sering sekali kita mengetahui hal ini dari script PHP dengan sintaks $_SESSION, memang benar bahwa session itu dikatakan penting dan hampir semua ada pada sebuah sistem terdapat sintaks tersebut.

Session adalah sebuah variabel yang mampu menyimpan informasi. Satu session mampu menyimpan satu buah informasi yang berbeda - beda maupun sama.


Kelebihan variabel session ini adalah dia mampu menyimpan informasi yang berlaku untuk seluruh halaman/page pada sebuah aplikasi. Hal ini dapat berguna untuk menyimpan data dan informasi yang akan digunakan pada halaman lain dan dapat dipanggil sewaktu - waktu pada halaman lainnya. Session akan hilang dan terhapus ketika si pengguna meninggalkan aplikasi (untuk beberapa kasus), apabila tidak ingin session hilang, maka lebih tepatnya kita menyimpannya ke dalam basis data.

Sintaks untuk memulai menggunakan session adalah sebagai berikut:

<?php
 session_start();
?>

Kita harus mengawalinya dengan sintaks session_start(). Berikut contoh penggunaan session:

<?php
session_start();
$_SESSION['nama']='Alvian';
echo $_SESSION['nama'];
?>

Nah, kode diatas berguna untuk menyimpan informasi 'Alvian' kedalam variabel session bernama 'nama'. Kita dapat memanggil variabel tersebut dengan menggunakan perintah echo $_SESSION['nama'], maka 'Alvian' akan di cetak pada aplikasi. Tidak seperti variabel biasa, session dapat dipanggil di halaman manapun, meskipun kita membuat file php lagi kemudian kita meng-echo-nya kembali, maka session tersebut masih tetap menyimpan informasinya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan data - data user setelah login.

<?php
unset($_SESSION['nama']);
?>

Contoh diatas merupakan perintah untuk menghapus suatu session. Apabila perintah itu ditambahkan, maka ketika kita panggil session-nya tidak akan muncul dan teridentifikasi sudah dihapus atau tidak dikenali nama session-nya. Untuk menghapus session yang ada secara keseluruhan kita cukup menggunakan perintah:

<?php
session_destroy();
?>

*session_destroy() akan menghapus seluruh data dan informasi yang telah diciptakan oleh session.



0 komentar:

Post a Comment

Belajar Dan Mengenal Session Pada PHP Belajar Dan Mengenal Session Pada PHP