alvian-cs blog

Perbedaan Get Dan Post Pada PHP

Perbedaan Get Dan Post Pada PHP

 
Post dan Get merupakan metode dalam pengumpulan data lewat sebuah form. Form sendiri adalah suatu tag yang berguna untuk mengirimkan data ke server. Form dapat mengirimkan data yang dilewatkan melalui textfield, checkbox, radiobutton, submitbutton atau elemen yang lainnya.

Bicara soal metode, metode berfungsi untuk melakukan suatu cara pengiriman data ke server, baik pengiriman langsung ke tersimpan di server (post), maupun ke URL (get).

POST

Post adalah salah satu metode yang mampu mengoleksi data lewat form kemudian mengirimkannya ke server. Dengan mengirimkannya ke server, orang lain tidak dapat melihat data tersebut, kecuali apabila kita sendiri yang memanggilnya (menggunakan echo).

Sintaks dari penggunaan method post adalah sebagai berikut:

<form action=index.php method=POST>

Dari sintaks diatas kita bisa mengetahui bahwa penggunaan metode merupakan pengaturan untuk suatu form.

Silakan coba buat file PHP dengan kode dibawah ini untuk memperjelas penggunaan metode post:

<html>
<head>
    <title>Latihan</title>
</head>
<body>
    <form action=index.php method=POST>
    Nama Anda:
    <input type=text name=nama>
    <input type=submit name=submit value="Masukkan">
    </form>
</body>
</html>

<?php
if (isset($_POST['nama'])){
    echo "Nama Anda adalah: <b>" . $_POST['nama'] . "</b>";
}
?>

Pada kode diatas ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Form akan meminta pengguna untuk memasukkan nama, kemudian melalui form tersebut dan menggunakan metode post, data yang diinputkan akan dikirimkan ke server dan dijadikan variabel dengan nama $_POST['nama'] karena textfield yang diisikan memiliki name=nama dan pada akhirnya akan diproses melalui sintaks php yang sudah saya warnai dengan warna merah.



Kode tersebut akan mengecek ketersediaan variabel $_POST['nama'], apabila variabel itu tersedia di server, maka program akan mencetak variabel tersebut pada bagian baris kode echo.

GET

Get adalah metode lain selain Post. Data yang dikirimkan melalui metode ini berbeda dengan post, yaitu tidak transparan dan bersifat konkret (terlihat) oleh orang lain. Itu dikarenakan penggunaan metode ini pada saat data dikirimkan, data tersebut dapat dilihat melalui URL pada address bar dimana variabel itu dinamakan dengan URL variabel parameter.



Sintaks dari penggunaan method post adalah sebagai berikut:

<form action=index.php method=GET>

Penulisan metode dapat dilakukan dengan menuliskan 'method=GET' namun kita juga dapat mengosongkannya atau cukup menuliskan <form action=index.php> saja karena secara default, form akan menggunakan metode get. Untuk lebih jelasnya, kita lihat pada contoh kode dibawah ini:

<html>
<head>
    <title>Latihan</title>
</head>
<body>
    <form action=index.php method=GET>
    Nama Anda:
    <input type=text name=nama>
    <input type=submit name=submit value="Masukkan">
    </form>
</body>
</html>

<?php
if (isset($_GET['nama'])){
    echo "Nama Anda adalah: <b>" . $_GET['nama'] . "</b>";
}
?>

Kode diatas memiliki kesamaan dengan kode sebelumnya yang mana menggunakan metode post. Tetapi pada kode diatas kita menggunakan metode get. Dengan metode ini, pengguna dapat melihat variabel yang diinputkan olehnya.

Kekurangan dari metode ini adalah data dapat dilihat oleh pengguna, oleh karena itu jangan gunakan metode ini untuk penginputan password maupun informasi penting lainnya.

Jadi pada intinya, perbedaan antara kedua metode tersebut terletak pada cara penyimpanan data dan informasi-nya.



0 komentar:

Post a Comment

Perbedaan Get Dan Post Pada PHP Perbedaan Get Dan Post Pada PHP