alvian-cs blog

8 Cara Mudah Menjadi Programmer Hebat

8 Cara Mudah Menjadi Programmer Hebat


Programer mungkin menjadi pekerjaan yang paling santai dan menyenangkan karena bisa dikerjakan di manapun, yang penting ada komputer dan bisa mengkontribusikan pemikiran-pemikiran dan ide dalam merancang suatu aplikasi/program.

Tapi programer bisa jadi pekerjaan yang susah apabila anda tidak bersungguh-sungguh atau tidak memiliki keterampilan khusus di bidang tersebut. 

Sejatinya programer membutuhkan pemikiran yang inovatif dan pemahaman dalam bahasa-bahasa pemrograman serta keikutsertaan dalam mengikuti perkembangan terknologi yang terus berkembang dengan pesat.

Programer juga sudah lumrah bertemu dengan MASALAH, dan bukan menjadi halangan bagi programer yang selalu bisa mendatangkan solusi. Selain itu, jika anda seorang programmer, anda harus tau cara menjadi programer yang sukses.

Berikut ada beberapa hal yang harus anda lakukan agar menjadi programmer yang hebat: 

1. Tulis kodenya dengan penuh perasaan

Mungkin terkesan aneh dan alay, tapi memang dibutuhkan penanganan yang lembut saat mengetikkan kode. Jika anda ngoding sambil terburu-buru atau sedang marah, bisa saja kode yang anda buat tidak akan indah dan takkan terstruktur. 

Pada dasarnya, kode yang bagus harus indah dan sederhana, sekaligus untuk menumbuhkan itu anda harus benar-benar dalam kondisi GOOD MOOD dan tidak terburu-buru alias MENIKMATI mengetik skrip, so ketik skripnya dengan penuh perasan.   

2. Jika ada eror, jangan malas untuk cari tahu penyebabnya


Salah satu hal paling umum dilakukan oleh programer (termasuk saya) adalah mengabaikan debug/error. Padahal jika anda mau menganalisa penyebab program anda tidak mau berjalan, anda bisa menambah wawasan anda dalam mengatasi masalah, istilahnya error handling, ilmu penanganan masalah dalam pemrograman.

Ketika anda menemui program anda tidak bisa dijalankan, atau terdapat error, pasti akan muncul pesan beserta kode errornya, coba biasakan cari penyebab error tersebut di google dan analisa agar menjadi ilmu error handling bagi anda yang sewaktu-waktu bisa digunakan jika terjadi error yang sama.

INGAT, programer yang mampu menangani error handling adalah programer yang PALING TANGGUH dalam menangani SOLUSI, dia bisa menyandang gelar konsultan dengan mudah.

3. Belajar dari hal terkecil 


Ketika anda mulai menjejakkan kaki untuk belajar bahasa pemrograman baru, alangkah baiknya anda mengenali elemen-elemen dasarnya terlebih dahulu.  Ada satu dampak fatal jika anda belajar dengan cara meloncat-loncat, salah satunya anda akan malas untuk mempelajarinya ketika menemui elemen kode yang ambigu. 

4. Nikmati pembelajaran anda


Proses lebih PENTING daripada HASIL. Percuma jika hasil luarbiasa tapi anda tidak menikmati prosesnya itu sama saja, passion anda sebagai programer tidak lama lagi akan mengalami kelunturan. 

Memang tidak selamanya kita sebagai programer selalu menikmati ketika sedang ngoding, banyak faktor yang membuat kita tidak menikmati proses ngoding, ada kalanya kita akan menempuh titik jenuh dan merasa bosan, selain itu kita juga tak akan luput dari rasa capek dan disaat itulah kita mulai lelah untuk berproses.

Tapi tenang saja, kalau saya berpegang teguh pada kunci yaitu ngoding pelan-pelan dan tidak tegang, itu sudah cukup. Ternyata setelah saya tekuni, belajar pelan-pelan, membaca referensi dengan santai memang lebih mengasyikan ketimbang terburu-buru. Nikmati saja proses belajar anda. 

5. Teliti


Ketelitian di pekerjaan manapun memang diperlukan, dalam dunia pemrograman pun juga begitu. Ada programer yang memiliki kepercayaan diri tinggi sehingga mengetikan kode dengan sangat cepat dan langsung dikompil. 

Tapi yang namanya manusia memang tempatnya kesalahan, selalu saja ada ketidaksempurnaan dalam bertindak seperti terjadi tipografi, sintaks error, dan lain-lain. Sehingga lucunya pada saat terjadi sintaks error, tak jarang kita menduga pada sebagian kode yang sebenarnya dia tidak salah, itu salah satu dampak buruk dari ketidaktelitian. 

6. Sederhanakan Kode


Menurut Grady B. perangkat lunak yang baik adalah membuat hal kompleks menjadi tampak sederhana. Pernyataan ini memang ada benarnya juga atau lebih tepatnya ya itulah fungsi dari perangkat lunak.

Kode sederhana, dengan dihiasi komentar, alignment yang rapih membuat kode tersebut mudah untuk dibaca dan diartikan. Ada beberapa tips untuk menyederhanakan kode agar tampak lebih simple, seperti membuat kumpulan fungsi/prosedur pada kode tertentu untuk mengurangi terjadinya pengulangan perintah. 

7. Aktif pada forum-forum programming


Rasanya kurang afdol jika seorang programer sejati tidak aktif mengikuti forum programming. Bagikan juga ilmu-ilmu yang anda miliki untuk sesama programer yang ingin belajar, ingat, membagikan ilmu tidak akan mengurangi apapun yang anda miliki, justru semakin menambah pengetahuan anda, kalau tidak percaya coba saja.


8. Jangan IRI


Programer profesional tidak boleh IRI atau DENGKI saat melihat teman sejawatnya lebih sukses ketimbang dirinya. Sebagai sesama manusia, apalagi sesama programer, bagusnya saling memberikan dukungan satu sama lain.

Jika merasa iri, mungkin karena takut tertinggal, langkah yang tepat anda hanya perlu upgrade skill programming anda dan susul teman anda itu, beres bukan?


Sebenarnya banyak sekali cara agar menjadi programer sukses, namun ketujuh cara tersebut sudah memiliki vitalitas tinggi untuk mewujudkan kesuksesan tersebut, apabila dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh.




14 Comments

14 comments:

  1. Replies
    1. Tidak apa-apa gan, sulit tapi akan mudah jika ditekuni perlahan-lahan.

      Delete
  2. request cara merampingkan alexa dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyusul gan, alexa emang gak pernah stabil, jadi susah gan

      Delete
  3. memang bagi seorang pemula seperti saya tidak konsisten dalam belajar, tapi konsistensi memang lah penting,
    nice post om,, !!!!

    ReplyDelete
  4. Kalau menurutku Iri juga bisa dijadikan untuk memperbaiki diri, kecual untuk Dengki baru tidak boleh

    ReplyDelete
  5. artikel yang menarik
    artikel yg sama tentang menjadi programmer yg profesional juga ada di sini

    http://www.stackshooter.com/5-langkah-menjadi-programmer-profesional/

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, info nya cukup membantu :)

    ReplyDelete
  7. Betul sekali, tapi kita bisa lihat programmer di Indonesia masih belum sehebat itu hahaha... Tapi no problem sih, yang penting harus tetap mau belajar dan terus mencoba.. Soalnya memang banyak sekali tipe-tipe programmer saat ini, nih saya nemu artikel tentang "5 Tipe Programmer Dalam Membaca Buku". Apabila Anda membaca baik-baik artikel tersebut, Anda menemukan bahwa programmer Indonesia masih jauh dari programmer yang profesional. Ini artikelnya :

    http://komputer67.blogspot.com/2017/11/5-tipe-programmer-dalam-membaca-buku.html


    ReplyDelete

8 Cara Mudah Menjadi Programmer Hebat 8 Cara Mudah Menjadi Programmer Hebat