alvian-cs blog

8 Plugin Notepad++ Penting Wajib Dimiliki Programmer

8 Plugin Notepad++ Penting Wajib Dimiliki Programmer

Jika anda seorang programmer, anda mungkin membutuhkan beberapa alat/tool wajib yang harus anda miliki. Salah satunya adalah Notepad++ sebagai code editor.

Tapi, mungkin anda juga butuh fitur penunjang untuk memudahkan pembuatan program (Baca juga Cara Mengubah Tampilan Notepad++ agar tampak seperti IDE untuk Programmer).

Notepad++ dirancang secara khusus juga bagi programmer, seperti pewarnaan teks tertentu pada setiap elemen dalam bahasa pemrograman, menyediakan expand code, dan masih banyak lagi.

Salah satunya juga terdapat plugin yang memudahkan programmer dalam mengembangkan programnya, khususnya untuk pemrograman web. Banyak sekali tersedia plugin web yang dapat anda gunakan untuk menunjang anda membuat program.


Cara menginstal pluginnya pun sangat mudah, yaitu tinggal klik menu Plugins > Plugin Manager, dan tinggal pilih saja plugin yang ingin dipasang di dalam Notepad++ tersebut.

Berikut adalah beberapa plugin penting yang wajib dimiliki seorang programmer:

1. Light Explorer

 

Toolkit Explorer memungkinkan anda untuk menampilkan dock file explorer di Notepad++ anda.

Dengan plugin ini, anda tidak perlu kesusahan ketika sedang membuat puluhan file skrip/kode karena tinggal mengekliknya saja lewat jendela explorer tersebut yang selalu stand-by disamping notepad++ anda.

Anda bisa menginstal plugin ini lewat plugin manager.

2. Auto Save

Plugin ini akan memudahkan anda untuk melakukan save dokumen secara otomatis dengan beberapa preferences yang dapat anda atur sendiri.

Jika anda seorang web programmer, plugin ini bisa sangat membantu ketika anda sedang melakukan kompilasi atau preview, karena plugin ini bisa melakukan save secara otomatis ketika anda kehilangan fokus pada lembar kerja anda.

Biasanya saya menggunakan Alt + Tab menuju browser kemudian langsung mengetesnya (otomatis tersimpan saat kita menekan alt+tab karena dokumen kehilangan fokus, maka otomatis menyimpan dengan sendirinya).

Lebih baik anda jangan menginstal plugin tersebut lewat plugin manager, tapi melalui link NPP Plugin karena Auto Save yang dari plugin manager tidak mendukung auto save saat lost focus.

3. Emmet

Emmet atau dulunya bernama Zen Coding, menjadi plugin WAJIB yang harus anda miliki. Kelebihan plugin ini adalah anda bisa menciptakan kode dengan sangat instan dan cocok bagi anda yang membutuhkan mengetik kode dengan cepat seperti programer profesional.

Emmet akan membantu anda melakukan auto-complete saat mengetikkan kode, penjabaran abbr, misalnya ketika anda mengetikkan div#navigation>ul>li*5>a atau html>body+head>title dan menekan tombol ctrl + e, maka akan muncul barisan kode yang tersusun dengan rapi sesuai aritmatika pemrograman diatas.

4. HTML Tag

 

HTML Tag adalah plugin yang memudahkan anda dalam melakukan encoding dan decoding string entity HTML maupun string pada Javascript. Dengan HTML Tag anda tidak perlu repot-repot menghafal entity dari suatu string, seperti pada contohnya entity dari & adalah & spasi adalah  

5. NppFTP

Plugin ini memudahkan anda dalam melakukan editing file (FTP-an) yang tersambung di internet (seperti hosting). Biasanya NppFTP sudah langsung terpasang di Notepad++ saat pertama kali diinstal di komputer.

6. HTML Preview

HTML Preview, fitur live preview memudahkan anda dalam melihat langsung hasil dari skrip yang anda ketik. Anda tidak membutuhkan browser untuk mengeceknya karena secara khusus, Notepad++ sudah dapat dipreview dan dicompile secara langsung dengan teknologi IE7/8.

7. XBrackets Lite

Dengan plugin XBrackets Lite anda bisa menyisipkan tanda “}”,”]”,”)” secara otomatis, sangat cocok ketika anda membuat css, skrip pengandaian, dan sebagainya karena setiap anda mengetikkan braket, akan muncul braket penutup dengan otomatis.

8. Quick Color Picker +

Plugin Quick Color Picker juga bisa didapatkan melalui plugin manager. Keuntungan menggunakan plugin ini, notepad++ bisa mendeteksi sekaligus mengidentifikasi warna dari sebuah kode warna RGB.


Itulah beberapa Plugin Penting Wajib Dimiliki Programmer. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi programmer semua yang menggunakan Notepad++.

Namun saran saya jangan terlalu menginstal terlalu banyak plugin, pilih saja yang sekiranya bermanfaat untuk anda, karena jika terlalu banyak plugin bisa menimbulkan kerancuan hotkey yang memudahkan kita melakukan perintah dengan mengetikannya di papan keyboard.

Sebenarnya banyak sekali program editor di dunia ini, tidak hanya Notepad++ saja, namun karena fasilitas dan fiturnya yang kaya dan tidak ribet, Notepad++ menjadi populer di kalangan programmer.




9 Comments

9 comments:

  1. waaah, wajib bookmark ini.. :D
    meskipun ane jarang pake Notepad++ juga sih gan.. hehehe
    Pondokgue.com

    ReplyDelete
  2. mantap, plugin light explorer udah sukses run *thx

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas tulisannya, sangat membantu banget, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih informasinya, Sungguh sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. Gan Link download plugin d mana ya

    ReplyDelete
  6. Gan Link download plugin d mana ya

    ReplyDelete
  7. Gan mau tanya ..cara me.online kan hasil kerja notepad++ ,,misal saya bikin tampilan blog ,,,trus tmpilan blog trsebut hanya bisa d.jringan internet saja. Ato bsa d.sebut bkin blog tnpa blogspot..dan hnya memakai notepad++ ini aja....trimakasih

    ReplyDelete

8 Plugin Notepad++ Penting Wajib Dimiliki Programmer 8 Plugin Notepad++ Penting Wajib Dimiliki Programmer