alvian-cs blog

Pesan Tersembunyi pada Logo Perusahaan

Pesan Tersembunyi pada Logo Perusahaan

Banyak perusahaan yang memiliki logo bukan sekedar logo. Tetapi di logo tersebut terdapat semacam pesan, atau simbol tertentu yang mencerminkan perusahaan itu sendiri. Seperti perusahaan terkenal Adidas, Amazon, LG, Carefour Indonesia, dan masih banyak lagi.

Tapi saya tidak ingin membahas logo yang sudah mainstream, saya akan mencoba mencari logo perusahaan lain yang tidak begitu terkenal namun memiliki pesan tersembunyi di balik logonya.

Mereka yang mendesain logo–logo tersebut patut di acungi jempol, karena sebuah logo juga menjadi ikon khusus untuk perusahaan, jadi perlu di desain semaksimal mungkin.

Entah kenapa banyak perusahaan menyisipi pesan tersembunyi di dalam logo mereka, apakah untuk mengisyarakatkan suatu kampanye atau untuk elegansi saja, saya tidak tahu. Berikut ada 23 logo yang berhasil saya temukan beserta pesan tersembunyi di dalamnya.

1. Body Wisdom


Body Wisdom merupakan perusahaan yang bergerak di bidang spa dan terapi tubuh. Dilihat dari perkecimpungan perusahaan ini, logonya memang pas di gunakan, karena melambangkan dua bentuk telapak tangan yang menggambarkan terapi dan pemijitan.

Namun, ada isyarat lain yang disisipkan di logo ini, yaitu sepasang mata bundar di telapak tangan yang mana jika kita perhatikan tampak seperti burung hantu. Konon, burung hantu menjadi lambang kebijaksanaan (wisdom).

2. Forkwire


Forkwire adalah perusahaan yang berkecimpung di dunia makanan sekaligus menyajikan pemesanan online. Perusahaan ini dilambangkan oleh logo yang menggambarkan garpu berliuk – liuk membulat seperti simbol @.

Tahukan kalian, makna dibalik logo tersebut adalah representasi untuk sebuah pemesanan makanan khususnya online yang selalu terhubung layaknya kabel (wire) seperti bentuk ganggang garpu pada logo tersebut.

3. Big Ten



Big Ten adalah perusahaan yang mengadakan pertemuan kompetisi (perlombaan) di bidang keolahragaan tingkat sekolah di Amerika Serikat. Logo baru pada perusahaan ini terdapat angka 11 yang tersirat di dalamnya. Logo Big Ten ini digunakan pada tahun 1990 hingga 2011.

Pada tahun 2009, Perusahaan ini mendapat tambahan anggota konferensi sekolah yang ke-11, yaitu Universitas Negeri Pennsylvania. Dengan adanya tambahan anggota yang bekerja sama dalam keikutsertaan pada lomba, perusahaan Big Ten senantiasa membuat logo barunya yang mana terdapat refleksi angka 11 di dalam logo tersebut.

4. Elettro Domestici


Sebuah perusahaan yang menyediakan peralatan elektronika rumah tangga dan kelistrikan ini memiliki logo yang unik dan tersirat. Perusahaan ini secara sepintas terlihat hanya sebuah lambang colokan atau steker.

Namun, jika kita perhatikan lagi, itu adalah huruf ‘E’ dan ‘D’ yang dituliskan dengan warna negatif. Kedua huruf itu sendiri juga merepresentasikan nama perusahaannya, Elettro Domestici.

5. Eight


Logo ini selain memiliki desain yang fantastis juga tersirat pesan tersembunyi untuk perusahaan yang ingin memakai logo ini. Secara resmi, belum terdaftar perusahaan yang menggunakan logo tersebut.

Pada logo ini, terlihat sekumpulan angka delapan yang terpotong – potong dan jika diperhatikan, potongan tersebut berasal dari angka delapan.

6. Elle Hive


Perusahaan ini dikabarkan bergerak di bidang produksi traktor. Terlihat di logonya, selain kita bisa melihat huruf ‘E’ dan ‘H’ yang merefleksikan nama perusahaannya, kita dapat melihat gambar traktor dalam bentuk garis huruf yang tampak dari atas.

7. Toblerone


Toblerone adalah perusahaan cokelat yang cukup terkenal dikembangkan di Swiss. Logo tersebut menggambarkan sebuah penampakan puncak Alpen yang terdapat di Swiss.

Selain itu, dalam bahasa Swiss, Alpen sendiri bisa dimaknai sebagai beruang. Makanya, di logo tersebut terselip sebuah model beruang di dalamnya.

8. Heart Beats


Pada logo yang satu ini, secara sekilas hanya sebuah logo yang biasa dengan bentuk hati dengan mirip membentuk headphone.

Namun, sebenarnya ini berasal dari dua note musik yang saling membelakangi, menggambarkan perusahaannya yang bergerak di bidang pemusikan.

9. !N3K8


Ini bukanlah tulisan alay. Perusahaan konsultan IT asal Inggris ini tidak menggambarkan bentuk–bentuk terselubung pada logonya seperti kebanyakan perusahaan lain.

Pada nama perusahaan ini, dimaknai dan dieja sebagai “Inticate” dalam bahasa inggris berarti rumit, mungkin karena IT itu rumit.

10. FedEx


Perusahaan ini melayani jasa pengiriman yang mengatakan dirinya yang tercepat. Kecepatan pengirimannya ia simbolisasikan lewat logonya dengan menggambarkan bentuk anak panah diantara huruf E dan X.

11. Lafeyette


Lafeyette, sebuah perusahaan yang menyajikan galeri. Di logo perusahaan ini terdapat siratan seperti menara Eiffel pada kedua huruf T-nya dimana ia seolah – olah mewakili kotanya, Paris, Perancis.

12. Pakuy


Perusahaan ini memiliki logo yang menggambarkan bentuk jaring – jaring kardus yang membentuk huruf P. Ilustrasi tersebut sekaligus mendeskripsikan perusahaannya yang berkicau di bidang packaging.

13. Hartfold Whalers


Hartfold Whalers adalah sebuah klub olahraga bermain di bidang Ice Hockey. Pada klub ini terdapat logo yang didalamnya ada huruf W berwarna hijau dengan huruf yang tersirat di atasnya, di pojok atas juga terdapat simbol ekor paus yang merefleksikan maskot klub ini.

14. Mosleep
 

Perusahaan ini menyediakan tempat tidur beserta perabotan rumah tangga lainnya yang lengkap. Logo yang dipakainya juga mewakili sebuah bentuk ranjang dengan dimahkotai huruf M untuk ‘Mosleep’.

15. Fuga


Fuga adalah sebuah perusahaan yang berkonsentrasi di arsitektur dan konstruksi bangunan. Logo yang disandangnya selain bisa dibaca sebagai nama perusahaannya, juga tampak seperti labirin/maze. Mungkin ikon labirin mencerminkan bentuk pembangunan dan arsitektur.

16. Forest Piano
 

Perusahaan yang memproduksi alat musik berupa piano ini mempunyai makna total di logonya. Pepohonan yang rimbun menggambarkan kata pertama pada nama perusahaannya, Forest, berarti hutan. Sedangkan tuts piano terlukiskan pada di antara pohon logo perusahaan ini.

17. Yoga Australia


Mungkin kita cuma mengira ini adalah logo biasa sebuah siluet wanita melakukan yoga yang ada pada perusahaan–perusahaan yoga umumnya.

Namun, jangan lupa untuk memerhatikan nama perusahaan ini, yaitu ada kata Australianya. Jika kita peka dan berjiwa analis, gestur yoga yang dilakukan sang wanita membentuk sebuah benua Australia.

18. Concealed


Sepintas pada logo yang maaf saya tidak tahu bergerak di bidang apa ini terlihat siluet ada dua bocah yang berlari bergandengan tangan. Namun, ada sebuah bentuk burung merpati terbang yang terbentuk dari siluet ini, coba cari sendiri.

19. Hope For African Children Initiative


Perusahaan yang fokus pada kepedulian anak di Afrika ini memiliki logo yang cerdas. Selain menggambarkan dua sosok orang, orang tua dan anak juga menyiratkan sebuah gambar bentuk benua Afrika.

20. Alvian CS


Alvian CS memang logo yang tidak terkenal di masyarakat. Oleh karena itu, saya sengaja mengupas kontroversi logo ini agar jadi terkenal, he he. Logo ini terlihat membosankan dengan desain tampilannya yang biasa – biasa saja.

Namun, logo tersebut membentuk huruf ACS yang merepresentasikan Alvian CS. Ruang kosong yang ada pada logo ini menggambarkan bentukan laptop dan iPad, karena pemilik logo ini berkecimpung dengan dunia teknologi, kemudian terdapat tanda strip di tengah ruang kosong tersebut, merupakan simbol yang ada pada url blog yang disandangnya.




2 Comments

2 comments:

  1. Terima kasih mas bro , informasinya menambah wawasan saya , btw kalau boleh minta saran ,bagaimana dengan logo2 yg ada disini
    http://www.sribu.com/id/services/logo-perusahaan

    ReplyDelete

Pesan Tersembunyi pada Logo Perusahaan Pesan Tersembunyi pada Logo Perusahaan