alvian-cs blog

10 Keunggulan dan Fitur Windows 10

10 Keunggulan dan Fitur Windows 10


(foto: techhive.com)

Microsoft memang inovatif dan juga kreatif dalam mengembangkan produk–produk teknologi yang dimilikinya itu, yah dibuktikan dengan adanya pengembangan drastis serta keunggulan pada Windows 10, sistem operasi barunya itu. Nah, penasaran dengan keunggulan dan fitur yang dimiliki Windows 10?

Mari untuk tidak terburu–buru dan loncat ke materi. Sistem Operasi ini memang punya beberapa kelebihan khusus yang tidak dimiliki Windows 8.1. Tapi yang menarik dari Windows 10 ini adalah adanya istilah penyapuan bersih dari versi sebelumnya. Dalam segi tampilan, Microsoft lebih mengkonsentrasikan desain yang murni dan minimalis.

1. Kembalinya Start Menu

(foto: techhive.com)

Windows 10 menebus dosa Windows 8 yang tega menghilangkan start menu malang itu. Caranya dengan mengikutsertakan start menu itu di versi Windows 10 letaknya seperti biasa di pojok kiri bawah. Windows 10 juga memadukan adanya desain andalan Metronya sebagai pengganti shortcut yang ada di start menu bernama Live Tile.

Kita juga bisa mematikan fitur Live Tile ini kalau kita mau, caranya dengan unpin saja shortcut –shortcut tersebut, atau dengan cara mengembalikan tampilan tersebut kesemula, terserah sampeyan saja. Pokoknya, Windows 10 ini akan sangat menarik dengan kembalinya Start Menu, bikin ingat sama jaman perjuangan Windows – Windows jadul.

2. Aplikasi Responsif Bercorak Metro


(foto: techhive.com)

Memang aplikasi di Windows 10 juga ada yang pernah tersedia di versi sebelumnya, tapi itu masalah program, kita berbicara soal sensibilitas aplikasi tersebut. Nah, di Windows 10 terdapat aplikasi – aplikasi yang di dukung dengan tampilan yang responsif atau dalam teknologi ini disebut dengan Metro App.

Jadi konten akan menyesuaikan dengan ukurannya, ini cocok banget buat yang demen layar sentuhan dan malas dengan fullscreenan saat bermulti-tasking. Selain responsif, tampilan aplikasinya juga bertemakan Metro seperti biasanya. Ada juga toolbar yang mouse-friendly dan sengaja dimudahkan untuk pemakaian dengan ukurannya yang responsif.

Bukan cuma itu, kita juga tidak bisa asal copy paste teks dari Metro app ke app biasa.

3. Continuum, adaptasi terhadap perangkat



 (foto: techhive.com)

Windows 10 memang banyak mengembangkan teknologinya dalam fungsinya sebagai Personal Computer, tapi tetap tidak lupa dengan para pengguna layar sentuh.

Windows 10 menyertakan teknologi “Continuum” sebagai fitur yang dinamis mampu mengubah orientasi pemakaian dari tampilan Personal Computer ramah desktop ke tampilan yang lebih memudahkan penggunaan layar sentuh seperti yang dimiliki Windows 8, tergantung penggunaan perangkatnya.

Jika kita menggunakan tablet sebagai perangkat, maka modus dan tampilannya akan menyesuaikan dengan ramah touchsreen, yaitu modus tablet dan jika kita menggunakan perangkat PC, maka akan tampil pada modus biasa.

Dan uniknya, teknologi membolehkan kita memakai modus otomatis, seperti contohnya kalau keyboard terpasang, maka secara otomatis akan merubah modusnya sesuai dengan perangkat. Pada modus tablet, start menunya akan fullscreen, tapi juga ada pilihan untuk menonaktifkannya.

4. Pemberitahuan Action Center



(foto: techhive.com)

Adanya fitur pemberitahuan membuat Windows 10 semakin modern dan bikin betah. Dengan difituri kotak informasi yang kadang muncul dan mengingatkan kita tentang informasi penting tentang pengembangan, update, atau hal lainnya.

Pemberitahuan dan saran yang muncul dari Windows juga akan tersimpan dalam kotak Action Center ini.

5. Cortana, asisten digital



(foto: techhive.com)

Cortana (bukan temennya Master Chief lho) juga tersedia di Windows 10, yang sebelumnya merupakan digital assistant-nya Windows Phone 8.1. Cortana ini seperti asisten kita lho, dia itu robot wanita, dia suka sekali memberi tahu kita tentang berita, laporan cuaca terupdate dengan kemampuannya yang memiliki otak mesin pencari Bing.

Tugasnya ini bisa bermanfaat bagi kita biar jadi pengguna gadget/komputer yang tidak ketinggalan zaman dimanapun berada.

Selain itu, Cortana juga akan membantu kita jika menelpon teman, menjadwal alarm, dan yang lainnya yang bisa dilakukan dengan berupa teks maupun voice command. Cortana juga bisa dimanfaatkan untuk mencari file di hard disk, OneDrive, dsb.

6. Xbox App, bermain game Xbox

(foto: techhive.com)

Aplikasi baru ini pasti sangat familiar bagi para penggemar Xbox One. Karena aplikasi ini terintegrasi dengan Xbox Live Friends, kita bisa melihat perkembangan yang dilakukan oleh teman–teman kita pada permainan yang ada di Xbox One, seperti statistik, unlock, achievement, earning, atau news feed lainnya.

Kita juga dapat melihat perkembangan profil kita sendiri disini, seperti mengatur profil, bahkan kita juga dapat memainkan game Xbox One lewat PC atau tablet yang terinstal Windows 10 itu.

Aplikasi ini cocok untuk para gamer dan menjadi manfaat tersendiri bagi mereka para PC gamer.

7. Pengaturan yang strategis


(foto: techhive.com)

Salah satu desain jadul yang diterapkan dalam Windows 8 adalah pemisahan pengaturan kedalam dua tempat, yang pertama untuk Desktop dan yang lainnya untuk Modern/Metro interface.

Dengan adanya Windows 10, model seperti itu sudah dihapuskan. Sekarang sudah ada menu Settings yang tampak lebih minimalis dan terkategori. Selain itu, menu Settings juga disediakan di Start Menu.

8. File Explorer dan Home Folder


(foto: techhive.com)

Untuk aplikasi pengeksplor yang di Windows 10 sudah mengalami perubahan yang mendasar dari versi yang lalu. Namanya saja yang tadinya Windows Explorer kini menjadi File Explorer. Icon – icon jadi kotak dan rata terlihat lebih segar dan minimalis.

Ada juga direktori khusus untuk OneDrive, penyimpanan file online dan Quick Access, dimana isinya ada fitur–fitur yang bermanfaat bagi penggunanya.

Tapi yang menarik adalah adanya penyortiran Recent Files dan Folders yang memudahkan kita untuk menemukan file yang sering kita buka. Jadi, ketika kita ingin membuka file/folder tersebut kembali, kita tinggal buka Quick Access saja.

9. Booting langsung ke desktop


(foto: techhive.com)

Di Windows 10, ada fitur bernama Boot to Desktop dan bukan menjadi pengaturan lagi, tapi sudah default. Windows 10 langsung masuk ke tampilan Desktop, dan tidak masuk ke Start Page kayak di Windows 8.1 saat pertama komputer dijalankan. Yah, selamat tinggal untuk selamanya Start Page.

10. Virtual Desktop


(foto: techhive.com)

Sistem operasi ini menyertakanVirtual Desktops yang memperbolehkan kita berpindah aktivitas secara cepat, baik desktop maupun aplikasi yang saat itu sedang berjalan. Dengan menekan tombol Alt + Tab di keyboard, atau menekan Windows + Ctrl + arah kanan/kiri, kita bisa merubahnya dengan sekejap dengan cara yang modern, kaya di film – film bertajuk teknologi.




0 komentar:

Post a Comment

10 Keunggulan dan Fitur Windows 10 10 Keunggulan dan Fitur Windows 10