alvian-cs blog

Spartan Browser, browser baru milik Microsoft!

Spartan Browser, browser baru milik Microsoft!

Browser terbaru milik Microsoft, Spartan Browser dikabarkan akan segera rilis dilengkapi fiturnya yang memiliki pengembangan dan dukungan pada extension seperti yang disampaikan oleh Microsoft pada selasa kemarin.

(logo Spartan Browser)

Tim khusus Internet Explorer dari perusahaan Microsoft itu juga menambahkan sedikit info tentang hal itu di Twitternya.

#AskIE @bdsams @jacobrossi @IE Yes. We’re working on a plan for extensions for a future update to Project Spartan.
— IE Dev Chat (@IEDevChat) January 27, 2015

Microsoft telah mengabarkan akan dirilisnya browser baru, Spartan Browser pada seminar yang membahas tentang Windows 10 pekan lalu. Spartan Browser ini kabarnya akan menggeser kedudukan Internet Explorer, yang sebelumnya sering bernaung pada setiap PC Windows dan akan menjadi evolusi dari Internet Explorer.

(foto: yahoo.com)

Program tersebut juga sudah ditunjukkan secara desain dan prototypenya yang menggambarkan perubahan minimalis untuk penggunaan interface yang ramah bagi pengguna. Fitur baru yang diunggulkan dari browser tersebut salah satunya adalah mampu merubah halaman website yang tadinya berjalan secara live menjadi statis. Browser ini juga terintegrasi dengan digital Cortana seperti bantuan perkiraan cuaca, dsb.

Hal menarik lainnya bahwa Spartan akan memiliki fitur ekstensi yang mendukung plug-in  dab kode – kode program untuk dapat dijalankan di browser itu sendiri. Tim IE Microsoft belum mengatakan apakah fitur tersebut juga tersedia sekaligus mampu berintegrasi dengan browser bawaan, Internet Explorer, atau browser lain yang terinstal pada suatu komputer.

Karena Spartan bukan browser bawaan dan tidak langsung terinstal di satu komputer, menurut informasi dari Microsoft, browser tersebut akan mulai tersedia di versi Windows 10 preview, namun masih belum jelas waktunya kapan. Microsoft berencana untuk mengikutsertakan dua browser pada sistem operasi terbarunya itu, yakni browser legendaris Internet Explorer dan browser modern Spartan Browser.




0 komentar:

Post a Comment

Spartan Browser, browser baru milik Microsoft! Spartan Browser, browser baru milik Microsoft!