alvian-cs blog

Apa Motivasi Saya Untuk Terus Ngeblog?

Apa Motivasi Saya Untuk Terus Ngeblog?

Berawal dari tahun 2011, ketika blog saya masih sangat dekil dan tak terurus. Pada saat itu saya membuat blog hanya untuk punya-punya saja. Tidak ada kekhususan ketika saya pertama kali membuat blog. Memang benar, tanpa suatu motivasi dan dorongan kita jadi tidak semangat melakukan sesuatu, termasuk ketika saya sedang ngeblog.


Minimal saya harus punya ALASAN, mengapa saya ngeblog? Mengapa saya hiatus untuk beberapa saat di tahun 2012 dan 2013? Bahkan awal 2014 pun blog saya tinggalkan tak terurus.

Semuanya terjawab setelah saya mulai menekuni dunia IM (Internet Marketing) pada akhir tahun 2014 dan mulai berkutat pada Google Adsense. Rupanya selama ini saya malas karena BELUM ada tujuan dalam ngeblog, pantas saja tanpa alasan yang objektif membuat saya menelantarkan blog ini pada masa-masa itu dimana saya masih SMK.

Memang saat itu saya sedang asik-asiknya di dunia nyata, menikmati masa-masa bersekolah yang indah, ngeblog pun hanya sekedar berbagi sekadarnya saja dan tidak serius. Tidak seperti dulu, saya sekarang merasa lebih sungguh-sungguh dalam mempelajari adsense dan ngeblog.

Karena apa? Setelah saya kumpulkan dan studi kasus beberapa sebab, banyak hal SEPELE namun ternyata memotivasi saya dalam ngeblog. Perkara sepele ini tidak terlihat jika dipandang secara visual, namun ketika DIRASAKAN dengan hati akan berubah menjadi gelora semangat yang tak tertandingi.

Mengapa demikian? Coba hayati dan tanyakan pada diri sendiri, mengapa perihal yang sepele seperti dibawah bisa menjadi luar biasa? Berikut sudah saya kemas alasan mengapa saya terus ngeblog.

Motivasi 1: Dorongan saya yang tak tertandingi pertama adalah PENCAPAIAN. Rupanya, saya sudah berjalan begitu jauh, meninggalkan lebih dari jutaan blogger lainnya yang ingin menjadi salah satu yang menempati posisi Alexa teratas.

Memang sih, tidak begitu tinggi peringkat saya di Alexa.com, masih kalah jauh sama mastah-mastah blogger, tapi ini sudah menjadi sebuah pencapaian yang panjang.

Bermula dari pertama membuat blog, menulis artikel yang berkualitas meskipun beberapa ada yang gak penting, memperluas jaringan, mengoptimasi SEO, belajar sana-sini, ditolak penyedia iklan berkali-kali, dan masih banyak sekali hingga sampai sekarang sudah menjadi seorang blogger yang insyaallah KONSISTEN dan BERKOMITMEN.

Memang pencapaian ini terkesan sepele dan terlalu cepat untuk senang, namun apa salahnya saya bersyukur? Karena ketika saya BERSYUKUR atas segala pencapaian ini, semangat saya menyala menerangi hati saya, hingga MEMBAKAR gejolak niat untuk terus bergerak dan berlari, selagi orang lain malah tertidur.

Motivasi 2: Masa muda adalah masa penderitaan dalam merintis sesuatu. Akibat mind-set tersebut saya berubah menjadi orang yang lebih mengedepankan masa depan, termasuk dalam ngeblog.

Ngeblog yang tujuannya untuk merauk dolar memang tidak khayal dan bisa menjadi investasi LUAR BIASA untuk kedepannya (coba tengok siapa blogger yang bernama Mas Dian).

Yah, bisa juga disimpulkan motivasi terselubung saya adalah karena UANG. Memangnya siapa sih yang tidak mau uang, hayo? Uang memang tidak dibawa mati, tapi tanpa uang, dunia serasa akan mati.

Prakteknya sama ketika ada orang rajin optimasi blognya, nanti dia akan memperoleh hasil jerih payah yang dia lakukan di masa datang seperti kebanjiran trafik. Orang yang menanam pasti akan menuai yang ditanam, begitu seterusnya.

Selama saya masih muda, waktu ini akan terus saya gunakan untuk menunjang masa depan. Selain itu, Allah pasti menjanjikan kesuksesan untuk mereka yang serius dalam usaha, “MAN JADDA WA JADDA”.

Jadi, barangsiapa yang tidak ingin merasakan PEDIHNYA BELAJAR, bersiaplah untuk menikmati PEDIHNYA KEBODOHAN di masa mendatang.

Motivasi 3: Ternyata saya punya POTENSI. Pernah berpikir apa jadinya jika anda tidak bisa menulis? Pernah terlintas di benak anda bagaimana jika tak memiliki jari untuk mengetik artikel? Bagaimana jika tak bisa melihat dan berucap? Lantas, apa yang akan anda lakukan jika kecerdasan intelektual anda terganggu?

Senang bukan, kita bisa menghembuskan nafas, masih bisa menyempatkan diri untuk ngeblog, merasakan kebebasan yang sejatinya didambakan semua orang. Apa jadinya jika anda lahir dalam peristiwa peperangan dunia ke-II, dimana hati tak pernah tenang dan selalu diburu. Namun yang terpenting adalah kita masih diberi KEHIDUPAN. Itu semua adalah POTENSI dan ANUGERAH pemberian Sang Kholik kepada kita.

Jadi sudah sepantasnya jika saya bersyukur mengapresiasi kekuasaan-Nya dengan cara memaksimalkan apa yang Dia anugerahkan, tentunya dalam hal positif termasuk blogging.

Motivasi 4: Saya bisa apa sekarang? Selalu saja pertanyaan ini melintas di pikiran saya. Tak terkecuali tentang apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain, sudahkah menjadi pribadi yang bermanfaat.

Salah satu motivasi terbesar untuk terus ngeblog adalah karena saya merasa MASIH bodoh dan belum sukses, tentunya hal ini menjadi alasan kuat untuk terus mengejar keberhasilan.

Berpikir tentang apa yang bisa saya tinggalkan dan pelihara untuk kedepannya, blog-lah yang sangat dekat dengan kemungkinan. Harapan saya, dengan terus ngeblog, bisa menjadi aset yang terabadikan sampai kapanpun.

Maklum saya anak rumahan, jadi sangat pas untuk orang seperti saya sebagai suatu LANGKAH AWAL dalam memulai bisnis lainnya, seperti jadi tukang jual gethuk, buntil, bakwan goreng, sama dawet ayu, kan lumayan bisa diiklankan di blog juga hahaha.

Tapi jujur, saya mendapat banyak pengalaman berkompetisi yang kuat lewat blogging. Memang bisa dikatakan persaingan di dunia maya sangat rumit dan gelap seperti di dasar lautan. Makanya, harus berani masuk kedalam pekatnya lautan untuk mengambil butiran mutiara. Dimana secara tidak langsung saya belajar banyak tentang metode berwirausaha.

Jadi, syukuri saja, mungkin rejeki saya dari ngeblog. Asalkan ditekuni, nanti juga bisa bermanfaat untuk banyak khalayak. Apalagi kalau artikel-artikel saya dibaca saudara-saudara diseluruh dunia, termasuk di Indonesia, pasti saya senang sekali.

Itu tadi beberapa perihal apa motivasi saya terus ngeblog. Bagaimana dengan anda? Motivasi sangatlah penting, tanpa adanya dorongan, orang akan seperti robot yang bekerja tanpa ada latar belakangnya. (acs)




14 Comments

14 comments:

  1. Alasan yang sangat bagus untuk tetap termotivasi menjadi blogger. Sukses selalu Mas Alviana. Salam hanya dari dari saya. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas dorongan yang Anda berikan sebelumnya Mas Gee Jhon, Terimakasih sekali untuk kunjungannya. (y)

      Delete
  2. mengena banget gan :D keep blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan, ente juga gan, mari berjuang terus gan.

      Delete
  3. Saya setuju mas, kebanyakan blogger memang menyerah di tengah jalan. Jadi memang harus butuh motivasi seperti yang diterangkan di atas ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mas Pelangi Blog, tanpa motivasi seseorang akan mati, hidup saja butuh motivasi, ngeblog pun juga begitu. Terimakasih atas kunjungannya. Tetap semangat menjadi blogger!

      Delete
  4. Motivasinya kene banget bang, thanks lo ya sudah berbagi pengalamannya, bisa menjadi motivasi saya juga ceritanya, salam kenal dan bantuannya ya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke semangat terus gan =) Terimakasih atas kunjungannya gan Aries Asharry

      Delete
  5. alhamdulilah saya termotivasi buat ngeblog lagi terimakasih motivasinya gan :) sukses selalu ya gan :)

    ReplyDelete
  6. Sebuah cerita yang jujur saja menggetarkan hati sebagai blogger. Setidaknya saya juga merasakan hal sama pada saat awal menulis. Semoga pencapaian demi pencapaian dalam blogging semakin menambah semangat utk tetap berkarya mas. Salam hangat by Anwariz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya. Selamat berkarya juga Bang. Dunia blogger memang keras. Jadi perlu ditekuni setahap-setahap. Kuncinya sabar dan cerdas. Salam.

      Delete
  7. Ampir-Ampiran saja macet nge blog karena kurang nya motivasi, trimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  8. If you're looking for a solid contextual ad company, I suggest that you check out PropellerAds.

    ReplyDelete

Apa Motivasi Saya Untuk Terus Ngeblog? Apa Motivasi Saya Untuk Terus Ngeblog?