alvian-cs blog

Cara Mudah Agar Suka Ngeblog

Cara Mudah Agar Suka Ngeblog

cara mudah agar suka menulis

Apakah anda sudah suka ngeblog? Jika anda masih malas dan berpikir menulis adalah hal membosankan, kemungkinan anda akan mengalami kesulitan dalam menekuni Google Adsense.

Menulis sudah menjadi modal utama jika ingin sukses Adsense. Tapi menulis bukanlah hal mudah, karena menulis seorang blogger tidak menulis seperti yang dilakukan anak TK. Pemikiran dan hati harus benar-benar singkron!

Sebelumnya saya juga pernah berpikir bahwa menulis termasuk hal yang membosankan, karena otak kita akan kerja rodi (khususnya otak kanan) seperti memikirkan ide, memilah-milah kata, membuat kiasan-kiasan makna, dan bagi yang sudah suhu mampu mencampur zat-zat motivasi kedalamnya, sangat melelahkan plus membosankan.

Bahkan tak jarang saya berpikir untuk berhenti menjadi blogger karena sangat menyita waktu saya, terbuang untuk hal yang jemu dan tidak menyenangkan.

Tapi setelah saya pikir-pikir, selain berkat motivasi pribadi, akhirnya saya tetap bertahan menulis karena menulis bisa saja menjadi HOBI baru bagi saya dan ini terbukti melalui berbagai proses.

cara mudah agar suka menulis

Google Adsense adalah ibarat game yang harus dinikmati, dan kunci paling sukses untuk menikmatinya adalah dengan cara gemar menulis. Otomatis anda akan terbiasa menciptakan artikel-artikel baru yang berkualitas.

Dalam langkah #1 menekuni Google Adsense ini, saya ingin berbagi pengalaman saya tentang Cara Mudah Agar Suka Menulis.


1# Sudahkah anda senang menulis?


Meskipun anda hobi menulis, apakah anda menikmatinya? Menulis tergolong seni, kita bisa menumpahkan segala pemikiran kita dengan menulis. Jika anda sudah suka menulis, anda patut bersyukur karena tidak semua orang punya hobi seperti anda.

Jika anda kurang suka menulis, cobalah untuk membiasakan diri menulis artikel ringan, belajar dari blog-blog lain bagaimana mereka membuat tulisan yang indah dan terstruktur. Belajarlah dari setiap paragraf yang dibuat blogger-blogger senior (seperti Mas Herman Yudiono).

Selain itu, jangan terlalu tegang saat ngeblog, biasa saja dan enjoy it, menulis sudah menjadi makanan blogger sehari-hari, jadi tak usah terburu-buru saat menulis, cobalah untuk beradaptasi dengannya.


2# Kenapa anda harus suka menulis?


Selain untuk menunjang rutinitas dalam menulis, anda juga perlu tau hal apa saja yang membuat anda senang menulis.

Dengan menulis, anda bisa mendapat beberapa keuntungan yang abstrak, seperti menuangkan pendapat anda lewat blog, membuang segala pikiran yang terpendam lalu menyampaikannya lewat tulisan, melakukan komunikasi dan silaturahmi secara tidak langsung, melatih diri agar disiplin, melatih otak kanan anda, dan anda akan terbiasa menciptakan sesuatu yang BARU.

Seiring anda giat menulis, anda akan belajar perilaku seperti diatas. Maka bersyukurlah jika anda sekarang gemar menulis, karena anda akan mendapatkan banyak MANFAAT lewatnya.


3# Buatlah jadual khusus untuk berduaan bersama laptop!


Coba cek waktu kesibukaan anda di dunia nyata, apakah anda termasuk orang yang sibuk? Jika anda memiliki waktu luang, coba sempatkan diri anda untuk berduaan bersama komputer anda dan menulis artikel.

Tidak usah lama-lama, satu jam cukup! Selebihnya anda bisa menyibukkan diri anda dengan kegiatan lainnya. Dengan catatan, biasakan seperti itu setiap harinya. Saya sendiri yang mahasiswa galau dengan tugas bejibun, masih bisa menyempatkan diri untuk ngeblog setiap harinya. Lama-kelamaan anda akan mulai suka menulis seperti saya!


4# Perbanyak Membaca


Orang suka menulis dikarenakan awalnya dia suka membaca. Semakin sering dia membaca suatu karangan atau karya sastra, semakin banyak pengalaman dan pengetahuan tentang prosa atau literatur.

Anda bisa merasakannya ketika sedang membaca sebuah novel, terbesit di benak anda untuk membuat novel sendiri, meskipun hanya sebuah angan-angan saja. Akan tetapi, hal tersebut merupakan dorongan bawah sadar yang terekam kedalam otak anda untuk mencoba menulis suatu saat nanti.

Jika anda sering membaca, dan kemudian anda ada kelas menulis suatu karangan, secara tidak langsung anda akan merasakan bahwa diri anda menjadi yang paling berpengalaman dibanding teman-teman lainnya karena merasa lebih mengetahui struktur dan sistematika diksi yang tepat akibat sering membaca. Hal itu memicu semangat anda untuk tetap berada di nomor satu dan tidak ingin kalah dari yang lain.


5# Coba belajar SASTRA


Menulis identik dengan sastra. Sastra memang indah, seperti puisi, syair lagu, atau peribahasa jaman dulu. Jika anda seorang penikmat sastra, dapat dipastikan anda akan suka menulis (berdasarkan pengalaman dan testimoni beberapa teman saya).

Anda bisa berlatih dengan membaca karya sastra dan mencoba memahami maknanya. Selain itu, anda akan terbiasa dengan retorika dan pemilihan kata yang sangat dibutuhkan dalam menulis.


Kesimpulan


Itulah Cara Mudah Agar Suka Ngeblog, bagaimana? Apakah anda sudah termasuk orang yang suka menulis? Jika ya, anda sudah melampaui 25% BERHASIL dalam proyek menekuni Google Adsense.

Namun jika belum bisa senang menulis, tidak usah berkecil hati, coba lakukan cara diatas, Insyaallah anda akan terbiasa dan menikmati. Anda harus meniatinya dari hati dan ingatlah bahwa segala sesuatu butuh proses demi mencapai sesuatu.

Apa yang saya tulis diatas adalah berdasarkan pengalaman saya, sekarang saya sudah bisa rutin menulis artikel setiap harinya (kecuali minggu) dengan kisaran waktu sekitar 120 menit, meskipun relatif lama namun yang terpenting saya menikmatinya.

Selain itu, saya juga ingin menunjukkan bahwa di dunia ini TIDAK ADA usaha yang sia-sia.




5 Comments

5 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih. Senang tulisan ini dibaca dan semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Thanks atas Tipsnya. Memang merupakan keasyikan tersebdiri jika kita suka menulis di Blog salam Blogger

    ReplyDelete
  3. Terima kasih trik dan informasinya sungguh manfaat bangetz, dan semoga kakak bisa membimbing lebih dalam dengan berkunjung ke blog saya, ditunggu ya kedatengannya

    ReplyDelete

Cara Mudah Agar Suka Ngeblog Cara Mudah Agar Suka Ngeblog