alvian-cs blog

Cara Agar Tetap Terus Blogging

Cara Agar Tetap Terus Blogging

Akhir-akhir ini saya berhiatus sejenak dalam urusan blog dikarenakan masih terkendala dalam pembagian waktu berhubung bertabrakan dengan kesibukkan di dunia nyata.


Memang secara umum menjadi blogger yang konsisten itu sangat sulit, tapi kontrol dan self manajemen dikembalikan pada diri masing-masing, hanya diri sendiri yang bisa menjadi konsisten.

Ada banyak hal yang saya rasakan ketika lama tidak ngeblog lagi. Saya jadi mengetahui alasan-alasan yang menyebabkan seseorang jadi malas ngeblog, malas nulis, dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya, hal-hal yang menyebabkan kita jadi malas blogging ada banyak. Berikut saya paparkan beserta solusi agar tetap terus konsisten dalam blogging:



1. Suka Menulis 

Kita harus suka menulis jika ingin konsisten dalam ngeblog. Ada pepatah mengatakan, cintai apa yang anda kerjakan atau cintai apa yang menjadi hobimu. Bagaimana jika anda yang seorang blogger, pekerjaannya adalah menulis tidak suka melakukan kegiatan menulis?

Nah, tentu saja anda seperti orang yang terpaksa bukan? Bagi anda yang merasa tidak suka menulis bisa membaca tips cara agar suka menulis, jika masih saja tidak bisa, cobalah untuk menemukan hal atau materi/niche tentang apa yang membuat anda gemar menulis.

Jadi kuncinya suka menulis dahulu. Ada juga tambahan, ada seseorang mengatakan bahwa agar anda senang menulis, anda harus suka membaca juga.



2. Kontrol Diri Anda

Ketika anda mampu mengontrol diri dan menundukkan hawa nafsu anda dari hal-hal yang tidak bermanfaat seperti bermalasan, main game, nonton film, maka saya yakin anda tidak akan kesulitan untuk menjadi konsisten dalam blogging.

Bermalas-malasan memang manusiawi dan semua manusia pasti punya sifat seperti itu, hanya saja tiap manusia punya kadar kontrol diri yang berbeda-beda. Ada yang ketika punya target hidup, dia rela menderita sebentar demi menggapai tujuannya. Ada juga yang ketika punya target dia melakukannya sambil malas-malasan.

Dan hal yang paling menyenangkan adalah ketika anda mampu mengontrol diri anda sendiri, seperti ketika saat cuaca dingin anda cenderung ingin makan yang hangat-hangat, namun cobalah untuk minum es teh.

Disitu anda akan mampu menertawakan diri anda sendiri karena berhasil menundukkan hawa nafsu anda, sama halnya ketika sedang ngeblog, anda harus mampu mengontrol diri untuk lebih memilih blogging daripada bermalas-malasan.



3. Membuat Jadual

Saat poin pertama dan kedua sudah tercapai, kini saatnya membuat jadual. Namun jadual ini benar-benar ngeblog dan harus anda lakukan secara rutin sesuai jadual yang anda buat. Apabila tidak dibuatkan jadual, kemungkinan anda akan malas untuk ngeblog dan memilih untuk melakukan aktivitas lain seperti bersantai dan nonton film.

Meskipun hal tersebut juga perlu, tapi ya beginilah caranya berdasarkan pengalaman saya. Layaknya jadual sekolah, ketika hari rabu anda ada pelajaran matematika, anda pasti mau tidak mau akan mempelajari matematika. Kini saatnya anda menerapkan hal tersebut pada aktivitas blogging ini. Minimal mencari ide terlebih dahulu untuk dijadikan bahan postingan.



Begitulah kira-kira solusi dari apa yang saya rasakan selama berhiatus ngeblog. Saya pribadi minta maaf, karena apa yang pernah saya katakan tidak sesuai dengan tingkah laku saya.

Tapi, inilah proses dari menjadi blogger yang konsisten, bagaimanapun juga jika anda sedang tidak mampu jangan dipaksakan, tapi dilakukan secara bertahap, karena semuanya membutuhkan PROSES. Semangat terus dalam menjadi blogger yang konsisten, nikmati dan syukurilah apa yang anda kerjakan saat ini. :)




2 Comments

2 comments:

  1. hehe menarik mas. cuman penulisan jadwal nya buka "jadual" tetapi "jadwal". makasih sudah memotivasi

    ReplyDelete
  2. Bagi saya cara agar konsisten dalam nge blogging adalah buang penyakit malas
    Kalo sudah datang penyakit males. Males apa2 untuk ngetik. Sudah susah sudah

    ReplyDelete

Cara Agar Tetap Terus Blogging Cara Agar Tetap Terus Blogging