alvian-cs blog

Cara Cepat Menginput Record Database MySQL

Cara Cepat Menginput Record Database MySQL

Membuat database dengan cepat sangatlah membantu para developer untuk membangun sebuah sistem dengan basis data berskala besar. Contohnya untuk basis data sekolah, universitas, pedesaan, semuanya pasti memerlukan data yang banyak.

Untuk membuat database dengan cepat, kita cukup memerlukan phpMyAdmin dan Microsoft Excel. Kedua software tersebut pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat developer maupun koder. Pasti akan sangat melelahkan apabila harus mengetikkan data satu persatu pada phpMyAdmin, berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuat database dengan cepat dengan bantuan dua aplikasi diatas:

1. Buat database kosong. Akses phpMyAdmin dgn mengunjungi http://localhost/phpmyadmin. Kemudian tunggu hingga muncul tampilan awal phpMyAdmin. Buatlah sebuah basis data dengan nama terserah sesuai keperluan, contoh:


Setelah menentukan nama untuk sebuah basis data, kemudian klik pada tombol Create untuk memprosesnya.

2. Buat data secara terpisah. Disini peran Ms. Excel diperlukan yaitu sebagai penampungan data sementara yang nantinya akan disalin kedalam database yang sudah dibuat tadi. Buka Microsoft Excel kemudian isi data seperlunya dengan nama field terletak baris paling diatas seperti gambar dibawah ini:


Simpanlah file Microsoft Excel tersebut dengan nama terserah namun ganti ekstensi filenya menjadi .csv (Comma Delimited). Ekstensi file tersebut mendukung penyalinan data kedalam database lain seperti MySQL yaitu dengan teknik Import.

3. Import. Setelah database yang notabene masih kosong belum terisi oleh tabel dan data-datanya berhasil dibuat, klik pada menu Import. Import berfungsi untuk mengimpor/mengambil data yang ada pada file .csv yang sudah kita buat tadi. Dengan ini kita dapat mengcopy data yang ada pada file tersebut ke dalam database yang sudah kita buat tadi.


Seperti gambar diatas, kita klik pada tombol Browse kemudian cari file .csv tadi yang berisi data – data. Setelah file selesai dipilih, kita atur setingan seperti dibawah ini:


Fields terminated by diisi dengan (,) untuk yang menggunakan Ms. Excel dengan setingan bahasa English/International, dan menggunakan (;) untuk setingan bahasa Indonesia. Kemudian centang/ceklis pada Column names in first row, hal ini untuk mengatur baris pertama pada Ms. Excel yang kita buat tadi menjadi nama kolom/field pada database yang sudah kita buat tadi. Setelah itu klik GO.

Maka data akan berhasil disalin silakan cek tabel lagi maka akan muncul tabel bernama TABLE 2/TABLE 1. Data yang sudah kita buat di Ms. Excel juga sudah disalin ke tabel ini. Lihat gambar:


Nama tabel akan secara otomatis diberi nama TABLE 1, TABLE 2, TABLE 3, dst. Untuk menggantinya cukup klik pada menu Operations kemudian pada Rename table to ganti sesuai dengan keperluan, contoh tbluser. Kemudian klik Go.


Database akan tercipta dan apabila ingin menambahkan data lebih banyak lagi tinggal ulangi langkah diatas. Selamat Mencoba !!




1 Comments

1 comment:

  1. gan saya kan kerja di pt,,
    saya ada data base yg perlu diinput,,letaknya databasenya dicrome,,
    it harus saya ketik dari excel ke data tersebut,,bisa ga ya gan saya hanya meng copas dari excel ke database tersebut,,

    mohon bantuannya

    ReplyDelete

Cara Cepat Menginput Record Database MySQL Cara Cepat Menginput Record Database MySQL