alvian-cs blog

Mengubah Tampilan Notepad++ Seperti IDE Untuk Programmer

Mengubah Tampilan Notepad++ Seperti IDE Untuk Programmer


Notepad ++ memang aplikasi yang sangat dibutuhkan programer sebagai code editor. Mengapa demikian? Banyak keunggulan yang dimiliki Notepad++ yang membuat pengguna Windows tergila-gila seperti berikut:
1. Gratis – Karena hal terbaik dalam hidup adalah GRATIS!

2. Powerful – Dengan Notepad++ kita bisa memasang plugin-plugin untuk mengoptimasi kinerja kita.

3. Ringan – Otomatis sangat cepat proses dan loading-nya.

4. Ramah – Yang terbenting MUDAH digunakan.


Tahukah anda jika aplikasi ini bisa diotak-atik tampilannya agar terlihat seperti kode editor programer profesional?

Bagi programer, Notepad++ sudah seperti amunisi dalam membuat program, dari script html, css, php, javascript, hingga bahasa pemrograman lainnya, semuanya bisa diciptakan melalui Notepad++.

Tampilan dalam lembar kerja juga berpengaruh penting dalam membangun sebuah program. Kadang kita perlu mengganti tampilan agar kita tidak bosan sekaligus merasa percaya diri dengan keadaan yang tampak profesional.

Dengan keadaan dan suasana yang baru, pastinya mampu membuat semangat anda menggelora dan betah saat mengerjakan program. Berikut saya beritahu cara mengubah tampilan Notepad++ agar seperti IDE untuk programer.

1. Buka Notepad++, kemudian arahkan dan klik kursor anda ke menu Settings > Style Configurator.

2. Window Style Configurator akan muncul, disini anda bisa mengubah pengaturan penulisan, warna, font, dari bahasa pemrograman tertentu hingga style pada bahasa tersebut.


(window Style Configurator)

3.  Anda juga bisa mengganti temanya sekaligus dengan mengeklik Select theme dan memilih tema sesuai kecocokan hati.

Saya juga menyediakan tema buatan saya yang sudah dirombak menjadi tema dengan IDE khusus programer, namun anda perlu mendownload font-nya terlebih dahulu melalui situs Github milik Source Code Pro dengan mengeklik tombol Download ZIP.

Setelah itu, ekstrak file zip tersebut dan instal fontnya dengan cara menjalankan file font.ttf di folder "Roman/Regular/font.ttf". Baru setelah itu anda bisa mendownload tema programer IDE editan saya di bawah ini:


Cara Memasang Tema? Anda hanya perlu mengekstraknya dan mengcopy tema yang berekstensi .xml tersebut ke folder themes di direktori Notepad++ anda (C:\Program Files\Notepad++\themes).

Jika sudah, nanti tema Obsidian Alvian akan muncul di daftar Select Theme.

*Catatan: jika ukuran font tidak sesuai yang diinginkan, silakan sesuaikan ukuran dengan cara zooming. Klik menu view -> zoom in untuk memperbesar huruf atau zoom out untuk memperkecil.

Kira-kira itulah caranya Mengubah Tampilan Notepad++ Seperti IDE Untuk Programmer.

Memang tema memiliki peran yang tak kalah pentingnya, tampilan yang profesional bisa menimbulkan rasa optimis dan nyaman ketika sedang mengerjakan sesuatu.

Sekali lagi, jika tulisan ini bermanfaat silakan berkomentar dan jangan lupa untuk membagikannya ya. Salam Programmer.




3 Comments

3 comments:

  1. agan tau ga caranya mengubah tampilan textnya itu ga black semua melainkan ada warna dimana kalo untuk src='gambar' berwana tanda warning dan tanda kalao text tersebt slah

    ReplyDelete
  2. Cara replace teks gimanaya? Bukannya berhuruf abcd tapi hurufnya berupa code gitu

    ReplyDelete

Mengubah Tampilan Notepad++ Seperti IDE Untuk Programmer Mengubah Tampilan Notepad++ Seperti IDE Untuk Programmer